Tips Membersihkan Alat-alat Dapur

Berbagai jenis panci dan wajan yang terbuat dari bahan yang berbeda memiliki sifat yang berbeda pula. Misalnya, alat masak dari bahan aluminium biasanya akan mengalami perubahan warna lebih cepat dibandingkan alat masak lainnya. Karena itu, tiap jenis panci dan wajan sebaiknya dibersihkan dengan cara yang berbeda pula. Berikut ini adalah beberapa cara tepat membersihkan panci dan wajan berdasarkan jenisnya.
Tips Membersihkan Alat-alat Dapur

Alat Masak dari Aluminium

Masalah utama dengan alat masak dari aluminium adalah perubahan warna. Beberapa langkah sederhana akan mengatasi masalah ini.
1.    Agar tidak mudah berubah warna, jangan rendam panci dan wajan dari aluminium terlalu lama dalam air bersabun.
2.    Bila bagian dalam panci dan wajan telah berubah warna, kembalikan warnanya dengan cara mengisi panci dan wajan dengan air yang telah ditambahkan 1 sendok makan perasan air jeruk lemon untuk tiap 1 liter air. Panaskan air dengan api sedang sampai warna mulai kembali seperti semula.
Alat Masak dari Besi
Alat masak dari besi cenderung berkarat bila tidak dirawat dengan baik. Beberapa langkah perawatannya:
1.    Keringkan peralatan masak dari besi setelah dicuci, agar sisa air tidak mengumpul dan menyebabkan karat.
2.    Jangan simpan panci dan wajan dalam keadaan tertutup.
3.    Jangan cuci peralatan masak dari besi menggunakan pencuci piring otomatis.

Alat Masak dari Tembaga

1.    Alat masak dari tembaga cenderung berubah warna bila terkena paparan udara. Anda bisa mengembalikan warnanya dengan pemoles yang bisa Anda dapatkan di supermarket.
2.    Agar panci dan wajan tembaga tidak menghitam, jangan letakkan panci dan wajan tembaga di atas api dalam keadaan kosong.
3.    Beberapa alat masak dari tembaga memiliki lapisan pelindung yang harus dihilangkan sebelum digunakan. Ikuti instruksi pemakaian alat masak Anda. Anda juga bisa memasukkan air panas yang telah dicampur dengan 1 cangkir baking soda. Biarkan sampai campuran tersebut mendingin, lalu kelupas lapisan pelindungnya. Cuci dan keringkan alat masak tembaga Anda.
4.    Gunakan spatula atau sendok dari kayu, nylon, atau dari bahan anti lengket untuk mengaduk makanan dalam panci atau wajan tembaga.

Alat Masak dari Bahan Anti Lengket

1.    Hanya gunakan spatula atau sendok dari kayu, nylon, atau bahan anti lengket untuk mengaduk makanan dalam panci atau wajan anti lengket
2.    Jangan rendam panci atau wajan anti lengket dalam air bersabun, karena lapisan anti lengket bisa menyerap rasa sabun tersebut
3.    Hilangkan noda dari alat masak anti lengket dengan mencampur 2 sendok makan baking soda dengan 1 cangkir air. Didihkan campuran ini dalam alat masak anti lengket selama beberapa menit sampai noda menghilang, lalu cuci dan keringkan alat masak seperti biasa.

Alat masak apa pun yang Anda gunakan, teliti membersihkan alat masak sesuai dengan jenisnya berperan penting dalam perawatannya. Alat masak pun akan tahan lebih lama dan proses memasak menjadi lebih efektif.

0 Response to "Tips Membersihkan Alat-alat Dapur"

Posting Komentar